Forum Curhat

Members Login
Username 
 
Password 
    Remember Me  
Post Info TOPIC: i just wanna be myself
No name

Date:
i just wanna be myself
Permalink  
 


Saya sebenarnya tidak mau menceritakan masalah ini kepada siapapun . Tapi , tiap kali saya memilih untuk diam saja , Rasa Minder dan depresi sering mengganggu saya .kadang untuk melampiaskan betapa stress nya saya , saya sering menangis sendirian sampai dada saya rasanya sesak dan kepala sudah mau pecah . Saya pun sudah mencoba banyak cara agar bisa mengajak seseorang atau siapapun untuk bertukar pikiran , tapi selalu saja ada sesuatu dalam diri saya yang menghalangi saya untuk mencurahkan apa yang sedang mengganggu pikiran saya . dan setelah googling , akhirnya saya menemukan situs ini , semoga saja dapat membantu saya menyelesaikan masalah saya .

Saya seorang Mahasiswa dari Kalimantan , saya anak tunggal . dan bukan berasal dari keluarga yang kaya raya , namun apapun keinginan saya atau keperluan saya,selalu dipenuhi oleh kedua orang tua saya .  sehingga bisa dikatakan , saya tidak merasa kekurangan apapun . Permasalahan saya sebenarnya bukan pada harta atau orangtua , tetapi pada lingkungan sekitar saya .
Saya bisa dikatakan anti sosial , bukan karena saya tidak pandai bergaul . tetapi saya benci terhadap segala macam bentuk keramaian atau interaksi sosial. Misalnya saja , ada acara atau perayaan, meskipun di undang, saya selalu tidak hadir . karena menurut saya, orang-orang pasti akan menertawakan saya. Entahlah , saya juga bingung mau menjelaskan nya seperti apa , hanya saja , saya benci dan sangat tidak percaya diri jika berada di dalam suatu kelompok dan kerumunan .
Perasaan itu timbul sejak saya duduk di bangku SD , awalnya saya adalah seorang Gadis yang riang , penih percaya diri, supel dan selalu optimis . Tapi semenjak saya diejek oleh beberapa teman laki-laki di SD saat itu , saya cenderung malu dan tidak percaya diri .
Kebetulan saat duduk di bangku SD , saya memang sedikit lebih cepat pertumbuhan nya daripada yang lain , badan saya lebih subur dan bongsor . hal itu awalnya bukan masalah , tapi seiring pertumbuhan saya yang semakin cepat, maka beberapa teman laki-laki saya selalu mengejek dan mengucilkan saya, bahkan mereka selalu beramai-ramai melontarkan hinaan dan ejekkan nya di depan orang banyak . semua teman saya pun semenjak saat itu selalu memandang saya dengan tatapan Jijik , mengejek dan meremehkan.
Selulus nya saya dari SD , perasaan minder terus menghantui saya sampai SMP dan puncaknya SMA .
naah , saat duduk di bangku SMA , rasa percaya diri saya sedikit terobati ,karena saya bersahabat dengan seorang DIVA dari SMP. dia selalu menjadi pujaan setiap teman pria di sekolah ku dari SMP bahkan SMA, aku pun tidak pernah menyangka dia mau bersahabat dengan ku .persahabatan ku dengan Si DIVA ini tadi berkembang menjadi sebuah GENG, saat itu ada 5 orang termasuk saya , dan kami menjadi GENG paling populer semasa SMA , meskipun badan saya cenderung gendut dan besar daripada yang lain,tapi kata teman-teman..wajah saya tidak jelek,bahkan tidak sedikit yang mengatakan bahwa saya cantik,bayangkan betapa tertolongnya saya saat itu dalam menumbuhkan kepercayaan diri..bahkan saya mulai berani sedikit menunjukkan keahlian dan bakat terpendam saya yang ternyata jika di gali tidak sedikit , Saat hampir kelulusan SMA , berat badan dan penampilan saya kembali berubah,sementara anggota GENG saya yang lain tetap saja cantik dan langsing-langsing.Rasa depresi muncul kembali, apalagi Pacar saya mulai mengeluh bahwa saya semakin Gendut, tapi dia tetap mau menerima saya apa adanya, tapi keluhan nya tetap saja menjadi pemikiran bagi saya dan semenjak itu,saya mulai menarik diri dari segala kegiatan di sekolah,saya terkadang suka iri melihat gadis-gadis yang meskipun tampang nya pas-pas an tapi badan nya kurus dan langsing :(
singkat cerita,saya sudah mencoba banyak cara untuk diet,tapi selalu saja gagal..dan setiap ada acara kumpul keluarga,seluruh keluarga ku pasti menjadikan ku bahan lelucon dengan mengatakan aku BABON lah, GAJAH lah, bahkan RAKSASA,aku heran ... Di keluargaku tidak hanya aku yang gendut, tapi ada saudara dan tanteku yang juga gendut, tapi kenapa aku yang selalu dijadikan bahan tertawaan ?
sampai di bangku kuliah berat badan saya sudah menjadi 75kg, dan bagi seusia saya itu sudah kelebihan berat badan, bahkan saya jarang shopping di mall,bukan karena tidak ada uang, tetapi Mba penjaga toko terkadang suka menertawakan saya ketika saya hanya sekedar melihat-lihat baju yang memang sepertinya tidak pas untuk badan saya, dan pernah ada Penjaga etalase yang menegur saya
" maaf bu, baju Hamil ada di etalase lantai bawah,bukan dsini"
bayangkan betapa sakit hatinya saya..
sampai di bangku kuliah pun, hanya saya yang berbobot paling besar di kelas . dan hal itu membuat kepercayaan diri saya lenyap entah kemana, Saya selalu malas jika di ajak Hang out ke mall,atau sekedar foto2 oleh teman2 saya . karena saya minder .sbnrnya saya menerima diri saya apa adanya.
hanya saja saya tidak tahan oleh lingkungan sekitar yang selalu merendahkan dan mengucilkan orang gendut seperti saya..apa salahnya menerima diri saya seperti yang sekarang ini ??
tapi mereka di luar sana tidak pernah mengerti dan selalu menganggap keberadaan orang-orang gendut seperti saya bagaikan Alien yang tidak seharusnya hidup di dunia ini..
hal ini mungkin sepele bagi sebagian orang , tapi saya selalu saja mengalami depresi yang hampir membuat saya ingin mengakhiri hidup saya.
saya juga manusia, saya juga ingin di sambut hangat dan di setarakan dengan orang-orang yang lain. saya bukan monster yang bisa tahan dengan serangan sosial yang menjatuhkan optimisme saya . dan kepercayaan diri saya saat ini entah kemana , selalu saja terlintas di pikiran saya untuk pergi jauh dari kehidupan saya yang sekarang ...
mohon maaf apabila curhat saya ini terlalu basa basi dan tidak begitu penting , tapi besar harapan saya untuk tertolong dari rasa Depresi ini .

terima kasih :)

__________________
Tarjum

Date:
Permalink  
 

Gadis yang merasa kurang pede, terima kasih atas kepercayaanya untuk curhat di forum ini. Sabar ya, saya perlajari dulu masalahnya, nanti saya dan teman-teman curhat kasih masukan untuk anda.

__________________
Tarjum

Date:
Fokus pada kelebihan yang anda miliki !
Permalink  
 


Gadis yang minder, berikut beberapa hal yang ingin saya sampaikan untuk anda, semoga apa yang saya sampaikan ini bisa menjadi inspirasi bagi anda.

Apa yang anda alami juga dialami banyak orang. Menurut penelitian para ahli, sebagian besar problem psikologis disebabkan oleh kelainan penampilan fisik. Saya sendiri pernah mengalaminya, kebalikan dari anda, pertumbuhan badan saya agak terlambat, sampai kelas 2 SMA postur tubuh saya tergolong kecil dan pendek. Penampilan fisik yang kurang sempurna ini juga yang membuat saya minder. 

Seiring berjalannya waktu, saya belajar untuk mencintai diri saya apa adanya. Saya belajar untuk menerima kekurangan diri saya, belajar mensyukuri anugerah Tuhan yang tak ternilai ini. Saya mencoba membandingkan diri saya dengan orang2 yang penampilan fisiknya tidak lebih baik dari saya. Saya bahkan suka membandingkan diri saya dengan mereka yang mengalami cacat fisik. Dari sana saya mulai menyadari, selama ini saya terlalu fokus melihat kelemahan-kelamahan diri, sampai tak sempat melihat kelebihan2 yang saya miliki, tak sempat mensyukuri kelebihan2 yang saya miliki.

Tapi, bukan berarti saya hanya berdiam diri, menerima diri apa adanya tanpa berusaha memperbaiki diri. Saya terus berusaha dengan segala cara untuk memperbaiki kondisi fisik saya, karena waktu itu saya pikir postur tubuh saya (terutama tinggi badan) masih bisa berkembang. Saya mulai rajin berolahraga (renang, joging dan voly). Semua itu saya lakukan dengan penuh semangat dan antusias. Saya masih ingat ejekan teman-teman ketika saya belajar bola voley, karena saya sulit sekali bisa memukul bola melewati net, bahkan servis pun sering tak sampai melewati net. Namun semua ejekan itu tak membuat saya lemah, sebaliknya menjadi cambuk untuk membuat saya lebih bersemangat berlatih. Semakin diejek semakin saya semangat berlatih.

Dengan semangat membara dan antusiasme, usaha saya mulai membuahkan hasil. Dalam tempo kurang dari setahun, postur tubuh saya berkembang pesat. Kemampuan saya bermain voly pun berkembang pesat. Seiring dengan itu, kepercayaan diri saya pun semakin bertambah, dan rasa minder sedikit demi sedikit mulai terkikis.

Gadis yang minder, banyak orang yang memiliki cacat fisik namun mereka berhasil mencapai prestasi yang luar biasa dalam hidupnya, mengapa? Karena mereka fokus pada kelebihan yang mereka miliki dan mengembangkannya sampai puncak kemampuan mereka. Mereka tak membiarkan kekurangan fisik mengganggu dan menghalangi langkah mereka untuk berprestasi. Saya pikir anda hanya memiliki sedikit kelemahan, berat badan! Hanya itu! Dan itu masih bisa diperbaiki dengan diet yang tepat dan aktivitas olahraga teratur dan disiplin. Jadikan ejekan-ejekan lingkungan anda sebagai cambuk untuk membuat anda lebih bersemangat mengembangkan potensi yang anda miliki, bukan sebaliknya membuat anda lemah dan menyerah. Katakan pada mereka yang mengejek anda, Saya memang punya kelemahan, tapi saya akan menunjukan kepada anda semua, kelebihan yang saya miliki, sehingga pada saatnya anda tak akan pernah mengejek saya lagi!

Anda mungkin pernah membaca kisah heboh beberapa hari yang lalu. Susan Boyle, wanita yang tak muda lagi dengan tubuh besar dan penampilan yang biasa-biasa saja, mengikuti audisi Britis Got Talent. Banyak penonton yang menertawakannya, bahkan seorang juri mengejeknya. Tapi, saat Susan melantunkan sebuah lagu dengan suara emasnya, semua penonton terdiam kagum dan sang juri yang sinis tak kuasa menyampaikan pujiannya. Susan fokus pada kelebihan yang dimilikinya. Penampilan fisiknya tak mengganggu dirinya untuk berprestasi. Semua ejekan dan cemoohan tak mampu menghentikan langkahnya untuk meraih sukses.

Itu saja dulu yang bisa saya sampaikan, semoga membantu. Mohon maaf bila kurang berkenan. 

Sebagai bahan renungan, coba anda baca beberapa kisah inspiratif di blog saya, salah satunya kisah ini, Tidak Menyerah Pada Keterbatasan




__________________
Anonymous

Date:
RE: i just wanna be myself
Permalink  
 


muhammad rafi wrote:

mbak yang baik, apa yang mbak alami pernah juga saya alami, rasa malu, minder, kurang PD merupakan beban psikologis yang pernah saya alam, namun saya tidak mau berlama-lama larut dalam racun stress.akhirnya saya membuat dua pilihan dalam hidup saya pertama,yakni mulai melakukan cara diet sehat yang tidak ekstrim,perlahan tapi pasti,kedua,pasrah dengan kondisi tubuh yang semakin kelihatan kurang menarik,selain atas dasar kesehatan juga  lalu tanpa berpikir panjang mulailah saya membatasi porsi makanan ,dan mengikuti petunjuk-petunjuk diet sehat yang saya dapat dari browsing di internet, atas usaha tersebut Allhamdulillah telah menujukkan hasil yang menggembirakan, dan kini masih berproses.hidup adalah pilihan, dan mbak perlu ingat tak ada yang tak mungkin di dunia ini. berusahalah, dan seperti yang di ungkapkan mas Tarjum sykurilah.

tetap semangt ya mbak..........'


__________________
Ms.A

Date:
Permalink  
 

MLm,

Menurut saya tidak ada manusia yang sempurna didunia ini.secantik dan semenarik apapun kamu tetap ada yang lebih lagi,begitu juga sebaliknya.sejelek dan seburuk apapun kamu,percayalah bahwa masih banyakyang lebih buruk lagi selama kamu mensyukuri apa yang kamu dapatkan dan tetap berusaha lebih baik.
Mungkin apa yang kamu rasakan dirasakan juga oleh kebanyakan orang,contohnya saya.walaupun saya tidak terlalu jelek dan masih lumayan banyak yang suka tapi ketika saya jalan saya melihat wanita lain yang jauh menarik dari saya,saya juga akan merasa sedikit minder tapi saya ambil positifnya,toh masih ada dan bahkan banyak orang yang kurang dari saya dan saya percaya seburuk apapun saya,saya pasti punya kelebihan dan sisi baik.
bersukurlah atas apa yang kita punya saat ini,pepatah dalam hidu berbunyi : aku liat kamu senang,kamu liat aku senang.jadi yang tahu tentang orang masing2 adl dirinya sendiri.percayalah orang lain juga melihat kamu begitu.kamu pasti punya sisi yg lebih dlm hidup kamu,bersyukur dan jangan lupa sll berusaha lebih baik."tidak ada yang tidak mungkin"



__________________
erwinyustiawan

Date:
Permalink  
 

klo menurut saya sih,sebenarnya kita tidak perlu minder atas kekurangan kita..apabila kita terus-terusan minder, itu bukannya membuat kita lebih baik, tapi malah semakin terprosok..saran saya nikmati aja anugerah tuhan yang telah diberikan..masih banyak yg lebih kekurangan daripada anda

__________________
Anonymous

Date:
Permalink  
 

Betapa menakjubkannya alam fikiran manusia itu, apa yang terlintas dalam fikiranya itu, itu adalah alam realita yang terjadi menurutnya. Dengan lingkaran lingkungan sekitarnya yang selalu mengejeknya, sebagian teman-teman laki-lakinya dan anggota keluarganya telah menjadi sebuah vonis yang terpatri dalam fikiran saudari kita membuat saudari kita ini menggeneralisir bahwa semua orang di dunia ini mempunyai pandangan yang mengejek dirinya. Untuk mencari sebagian orang yang berpandangan positif terhadap orang gemuk adalah menjadi sukar bagi saudari kita ini. Kelebihan yang telah dianugerahkan Tuhan memang harus kita syukuri, tapiii ... apakah kelebihan berat badan ??? Tentunya berat bagi perasaan saudari kita ini. Saudari BIG but beautiful (Bbb), tugas saudari ini adalah mencari orang / teman yang berfikiran positif terhadap orang gemuk, kelebihan-kelebihan orang gemuk, tokoh-tokoh yang merefresentasikan orang gemuk (seperti Megawati atau oprah winfrey), sibukkanlah fikiran anda tentang hal-hal yang positif dari orang gemuk, saudari tidak sendiri, semoga awan gelap yang menyelimuti fikiran saudari berubah menjadi awan kelabu (saya sih berharap berubah menjadi awan putih yang cerah)akan mengobati hati anda yang luka.


__________________
Anonymous

Date:
Permalink  
 

Kunci pertama adalah:
1. Fokus pada hal positif yang dimiliki
2. Pendapat orang lain itu hak mereka, apa lagi kalau mereka belum tahu kesehatan jiwa (kasihan deh pada saudara2 itu)
3. Sekarang pilih, mau afirmasi no 1 atau no 2. Sebaiknya pilih yang no 1

Selamat mencoba

Budi



__________________


Newbie

Status: Offline
Posts: 2
Date:
Permalink  
 

hello.  jadilah  diri  sendiri,  harus  banyak2 bersyukur, km banyak  kelebihan, ada  orang tua,   orang  tua    kaya,  km banyak  teman. ada  pacar. mengapa   hanya  kelebihan  berat   badan  kamu   mau susah  sendiri, jadikan kekurangan  mu,  menjadi  kelebihan kamu.   rajin-rajin  belajar.       lihat  kelebihan kamu,.   jika  kamu  bisa    menjadikan  kamu mempunyai  kelebihan  dalam   belajar.    lulus  kuliah  dapat   kerja.  mengapa  tidak  kamu syukuri,    berat   badan    angan  dipusingkan,    senam  olah raga, banyak  activitas  yang  baik2.    manage u  time   in  your  live. sucses.

Rossy

__________________
Rossy
la


Member

Status: Offline
Posts: 21
Date:
Permalink  
 

saya juga pernah ga pede kayak mba.waktu smp sama dijauhi teman2 satu kelas entah karena pa.saya duduk sendiri dibangk paling belakang.kalo ada kegiatan kelompok saya dipilih paling akhir dan kelompok yang mendapatkan saya sepertinya selalu keberatan.
pede memang masalah besar sih.saya juga kayak mba.ga bisa ngeuarin kekesalan.yang ada malah nangis sampe dada sesak dan kepala pusing.mata bengkak.ha.ha.........
saya juga gemuk.makanya saya senang ternyata di dunia ini bukan saya aja yang gemuk.
senang ya bisa curhat...........

__________________
Page 1 of 1  sorted by
 
Quick Reply

Please log in to post quick replies.

Tweet this page Post to Digg Post to Del.icio.us


Create your own FREE Forum
Report Abuse
Powered by ActiveBoard