Forum Curhat

Members Login
Username 
 
Password 
    Remember Me  
Post Info TOPIC: Lost myself
Anonymous

Date:
Lost myself
Permalink  
 


I'm 14 years old girl, i'm a Junior High School student. I'm in International class now. I always get high score, golden girl 4 every teacher, good girl at home, etc. I know what i have to do to make everybody happy. And almost seems like i have perfect life.

But...

As well as we know, DON'T TRY TO BE LITTLE MISS NICE. U CAN'T ALWAYS PLEASED EVERYBODY. U CAN'T MAKE FRIEND WITH EVERYBODY.

Now it happen in that way.

No matter how hard i try to be 'whatever they want to i'll be' or treat them like i want to treated, the feedback isn't always like what i expected.
Now it seems like the world isn't as fair as i do.

I give my best to make world become happier. I try to make everbody happy!

But???!

What i get after i do my best?!

there's nothing!

I'm being failed bcoz of exernal factor!

I don't wanna say that god must be crazy even it happen i that way.

I love my boyfriend, i'm a straight A student, miss manners, never do something bad, i fullfil everybody's wish list about me!

My parent dissaptointed bcoz i'm get score less than they want

My boyfriend leave me!

I feel alone...

I never fet this way b4

Everything that i do remind me that i'm a failed person

I can' wake up...

Lately, it's become nightmare 4 me...

Is it not enough?

I just wanna they treat me like the way i do...

Is my point of view wrong?! is my mind statue wrong?!

I can't forget my boyfriend...

I don't know what's the probem is, actually

I don't know what i want now

Feel like have empty brain

My heart go on with him

Maybe i just feeling blue...

But it's not like that

Stanger, stonger... make me lost my rasional mind

Ehhhm...

I like psychology and filsafat

I'm maturer than other 14 years-old girl

I know the world.

I try to think it just 4 a while. cz 'badai pasti berlalu'

Hopefully u give me the solution to make my life become better

I expected u more than anybody i met b4



__________________
Tarjum

Date:
Kebahagiaan ada dalam dirimu
Permalink  
 


Weleh...baru kali ini ada yang curhat dengan bahasa Inggris. bingung juga nih, soalnya bahasa inggris saya jelek sekali alias "very-very litle"...he..he...

Tapi inti permasalahannya saya faham. Berikut saran saya untuk anda. jika anda tak faham bhs. Indonesia, bisa diterjemahkan dengan transtool atau google translate.

Gadis yang sedih karena ditinggal pacar, apa yang anda alami banyak remaja seusia anda. tak mudah memang melupakan orang yang kita cintai, walaupun mungkin dia telah menyakiti kita. butuh waktu untuk melupakan kenangan indah dengan orang yang sangat kita cintai. tapi jangan terlalu menyalahkan diri-sendiri. apa yang anda alami mungkin bukan karena kesalahan anda. Jangan biarkan diri anda makin terpuruk, sedih dan merasa sendiri karena seseorang. kebahagiaan sepenuhnya ada dalam diri anda. jangan pernah membiarkan seseorang atau siapapun merampas kebahagiaan anda. tak ada seorangpun yang bisa membuat anda tak bahagia jika anda tak mengijinkannya.

Masih banyak hal-hal besar yang harus anda lakukan untuk mengisi jalan panjang kehidupan anda yang masih membentang di hadapan anda. Lakukan aktivitas-aktivitas positif yang bisa mengalihkan pikiran anda dari kenangan-kenangan indah maupun pahit bersama sang pacar.

Membahagiakan seseorang atau semua orang memang baik, asal didasari dengan ketulusan. artinya kita tak mengaharap imbalan dari perbuatan baik kita. tak masalah apakah perbuatan baik kita dibalas atau tidak. tak masalah jika perbuatan baik kita dibalas dengan perlakuan buruk sekalipun. tapi jangan terlalu memaksakan diri untuk membahagiakan semua orang, kita hanya bisa berusaha untuk membahagiaakan orang lain (termasuk orang yang kita cintai) semampu kita.

Sekian dulu, semoga bermanfaat.

 



__________________
Anonymous

Date:
RE: Lost myself
Permalink  
 


once again...

i'm keen of psychology

but now hard to me to find myself

a lot of things run out in my mind

when i talk to other people, they just say : u're maturer than u look. but we can answer ur question now. bcoz it's not ur time now. there's a time 4 everything, u'll finally find what u're looking for maybe in ur adult age.

But what if i wanna it now?

What if GOD doesn't give me longer time to get my adulthood?

I try to figure it out, find the answer of some question jump in my mind frequently.

Hmm, i'm a moslem, i trully believe in GOD

but life isn't as well as i thought

And i like filsafat

but i stuck on my mind

those are some of question :

* apa itu kebenaran?
Einstein mngatakan bahwa tdk ada atupun hal yg mutlak kecuali kcptn cahaya, dan semua hal itu relatif.
Relatif adlh tdk sama pda setiap individu, karena styp org mmpnyai sdt pndng sndri.
Lalu bgmn qta thu qta bnr, sdngkan mngkn bgi org lain qta slh?
Bgmn qta dpt mnyesuaikan dri dgn pmkrn org lain, tnpa trpngrh?
Jka smua pola pkr org brbda, lalu ap kbrnrn mutlak yg dpt d jadikan acuan?
bgmn qta thu siapa yg bnr, qta atw org itu?

smpt aq brpkr mngkn ad kbnrn umum.
tpi lingkungan styp org brbda bkn? nilai2 yg d anut, pengalaman, dll.

Lalu?

* apa itu hidup?
Knp Tuhan mmbri qta hdp, mnuliskan smw hal yg akan trjadi pda qta, d sisi lain mnyiapkan neraka? mngpa tak smw org d takdirkan msk surga? benarkah qta hny'a boneka tangan Tuhan, yg skenarionya d atur sedemikian rupa? ap qta brada d panggung sandiwara kehidupan, yg sbnr'a khdpn qta tlh d tentukan olehNya? bgmn jka sjk awal qta d tkdrkan jd org jahat?

Mngpa Tuhan lakukan itu? beri kebebasan tapi menuliskan keharusan?


Dan sati lagi :

* Apa aku waras?
Aq tak mnemuakn remaja seumurku yg mmpu brpkr sjwh ini.
Aq cinta bdng psikologi, ilmu esak dan filsafat. Bbrpa dri mreka mhtku aneh. Aq d pndng tdk mnynangkan, trlalu angkuh dan ngawur klo d ajak bcra.

Hdp yg kulihat mmng hnya trbts pda konteks filsafat, bgmn lg? aq tak tahu kenyataan mcm ap yg hrz'a aq kondisikan dlm my statue of mind.

Apa aq aneh? tdk wajar?
Rsa'a sprti aq khlngn jati diri, duniaku, smw'a...

Hnya karena pkrnku tdk mw brhenti bkrja, trz mnruz menelurkan brbgai mcm prtnyaan yg bgi sbagian bsr org, trlalu konyol, tdk realistik dan menakutkan.



Mngkn ckp sekian dlu. Terimakasih.

__________________
Tarjum

Date:
Permalink  
 

Pertanyaan anda cukup berat, saya akan coba jawab semampu saya.

Soal kebenaran. Kebenaran mutlak hanya milik tuhan. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha mendekati kebenaran tuhan. Kita seperti berada dalam lingkaran titik-titik yang berusaha mencapai titik pusat kebenaran tuhan. Patokan kebenaran kita sebagai seorang muslim tentunya Al-Quran dan Hadits. Kita tak bisa memponis kita benar, orang lain salah karena kebenaran yang kita miliki relatif. Kita hanya bisa berusaha melakukan sesuatu yang benar menurut patokan yang kita pegang. Juga menurut akal dan nurani kita. Karena kalau kita melakukan sesuatu hal yang salah biasanya hati nurani kita menolak. Menurut saya kita bukan menyesuaikan diri dengan pemikiran orang lain tapi berusaha memehami pemikiran orang lain dan membandingkannya dengan pemikiran kita. Dari sana kita tidak menganggap pemikiran kita yang paling benar dan bisa menghargai pemikiran orang lain.

Soal takdir tuhan, hidup, mati, surga, neraka, itu semua merupakan hasil penafsiran kandungan Al-Quran dan Hadits dari para ulama terdahulu dan saat ini dengan dasar pemikiran dan argumentasi masing-masing. Kebenaran mutlak hanya milik Tuhan, penafsiran manusia mungkin hanya mendekati kebenaran. Mungkin penafsiran itu ada yang keliru bahkan salah. Soal sekenario dan takdir tuhan untuk manusia itu juga hasil penafsiran. Sebagian ulama memang ada yang menafsirkan bahwa segalanya sudah ditentukan tuhan dan manusia tak punya kuasa apa-apa. Tapi sebagian yang lain menafsirkan sebaliknya, bahwa manusia punya kebebasan untuk memilih jalan hidupnya. Para ahli filsafat punya penafsiran yang lain lagi. Terserah kita mau mengikuti penafsiran yang mana yang menurut kita benar.

Anda Waras! Pemikiran-pemikiran anda luar biasa, kritis dan mendalam. Menurut saya anda memiliki kecerdasan spiritual. Anda harus mengembangkan dan mengolah kemampuan yang anda miliki. Untuk itu tentunya anda membutuhkan seorang pembimbing atau guru yang bisa mengarahkan anda mendapatkan jawaban-jawaban atas pertanyaan kritis anda, menemukan kebenaran. Selanjutnya anda berbagi jawaban dengan orang-orang yang mungkin mempertanyakan hal yang sama. 

Tapi, untuk memastikan apakah pemikiran-pemikiran anda memang wajar dan normal, sebaiknya anda konsultasi dengan ahlinya, psikolog/psikiater. Saya bukan menganggap anda tak normal, hanya untuk memastikan saja. Soalnya saya pernah mengalami, pikiran saya dipenuhi keyakinan-keyakinan yang mirip dengan yang anda pikirkan saat ini. Itu terjadi saat saya berusia 15 tahun, waktu itu saya duduk di bangku kelas 2 SMP. Saya memikirkan tentang takdir, dosa, surga, neraka, hari kiamat bahkan saya permah mempertanyakan tentang keberadaan tuhan. Pikiran-pikiran itu sangat mengganggu aktivitas saya waktu itu. Awalnya saya menganggap semua itu normal dan wajar saja. Belakangan saya tahu, bahwa saya ternyata mengalami gangguan psikologis, gangguan bipolar namanya, disebut juga manik depresif. Pemikiran-pemikiran aneh dan tak rasional itu merupakan efek dari kondisi psikologis saya yang terganggu. Setelah kondisi psikologis saya mulai pulih, pikiran-pikiran aneh itu pun perlahan hilang dengan sendirinya.

Untuk memahami apa yang pernah saya rasakan, silakan anda baca dua artikel berikut ini :

Gangguan Bipolar dan Depresi Terselubung.

Anda juga bisa baca kisah langkap saya disini


Saya sangat mengajurkan anda untuk membaca 3 buah buku berikut ini. Dari buku-buku bermutu ini mungkin anda bisa menemukan jawaban-jawaban yang lebih memuaskan dari pertanyaan-pertanyaan anda saat ini. Paling tidak anda bisa menemukan titik terang yang bisa mengantarkan anda menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan anda.

Awareness (Antony De Melo, SJ)
Sejarah Tuhan / The History of God (Karen Amstrong)
Muhammad Sang Nabi (Karen Amstrong)

Setelah anda membaca ketiga buku di atas, silakan jika anda mau mendiskusikannya di forum ini.

Saya senang berdiskusi dengan anda. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Sekian, terima kasih.



__________________
no name/ liana

Date:
Permalink  
 

Siang,

Menurut saya memang begitulah hidup tiap org berbeda2, benar menurut org lain belum tentu benar menurut kita,begitulah sebaliknya.Menurut saya lakukan apa yang menurut kamu memang baik buat kamu dan hal itu tidak merugikan diri sendiri dan org lain.
Mengenai mengapa tuhan menciptakan surga dan neraka, karena semua yang Ia ciptakan memang semuanya berpasangan.ada tinggi-pendek, gemuk-kurus,kecil-besar,tua-muda.itu sebagian kecil contoh.semua dilakukan karena kita sendiri yang punya andil besar dlm hidup kita.kita telah dilahirkan sbg makhluk yg paling sempurna,punya otak untuk berpikir sehingga kita dapat memilih mana yg baik n kurang baik dan punya indra yg lainnya yg juga sangat bermanfaat.hidupmu ada ditanganmu sendiri,ingin lebih baik...ya km harus berusaha, semua dalam hidup butuh perjuangan,selama kita tidak putus asa dan berusaha percayalah tidak ada yang tidak mungkin.
Jika kita selalu berpikir hidup kita telah ditentukan,maka kita akan sll menyalahkan tuhan.jika kamu berpikir semua sudah diatur tuhan, kamu biasa sakit,sehat,punya uang,dan semuanya diatur.coba kamu duduk saja diam apa kamu bisa tiba2 kenyang tidak makan,apa kamu juga bisa dapat penghasilan tanpa bekerja,apa jika km sudah ditentukan kaya uang akn jatuh sendiri dari langit,jk ia uang itu kamu gunakan untuk beli mobil,rumah dsb apa itinya tuhan juga yang menyuruhnya.
Tiap org mempunyai nasib dan orang itu sendiri yang mampu merubah nasibnya agar lebih baik,Tuhan sll memberikan hal terbaik dlm hidup umatnya.Ia menciptakan pilihan agar manusia tidak berpikir semua diatur.jika kamu sakit ingin sembuh kamu harus minum obat,kedokter,istirahat yg cukup dan lain sebagainya,jika kamu pikir Tuhan yg mengatur kamu biar sakit dan bisa sembuh sendiri hanya dengan berdiam diri apa itu tepat.
Kamu adl apa yg kamu pikirkan,jangan pernah menyalahkan org lain ataupun Tuhan.jika kamu pikir terus bertanya2 pada diri kurang baik dan apa yg kamu lakukan tidak membuat kamu nyaman knp kamu lakukan dan knp kamu menyalahkan tuhan.Sekali lagi saya katakan Tuhan tidak mengharuskan siapapun.apa yg kita lakukan adl perintah dari otak kita sendiri.
sebagai contoh : jika temanmu mengajak kamu mencuri,kamu mau dan ternyata kalin dipenjara sebagai org yg sll menyalahkan org lain kamu akan berpikir bahwa ini adl salah temanmu yg mengajak kamu,kamu yang mau toh,jika kamu bilang tidak kan tidak terjadi hal demikian. sebagai org bijak dan ingin lb baik ia akan berpikir,ini adl kesalahanku aku sudah tahu tidak baik tapi aku masih melakukannya,aku menyesal dan tidak akan mengulanginya,hidupku ada ditanganku.Jika keadaannya kamu ditodong senjata oleh temanmu dan memaksa kamu mencuri itu baru keadaannya lain.
Jika kamu terus berpikir karena tuhan kamu akan susah untuk mendapatkan kebahagiaan.ketika kita susah,sedih atau dalam keadaan lainnya yang kurang mengenakkan,cobalah berpikir inilah hidup ada senang pasti ada susah jika mau senang terus itu tidak mungkin,dan jika kamu bilang hidup kamu begitu menyedihkan dan tidak ada kebahagiaan itu juga tidak mungkin.yg mungkin adl bagaimana agar kita bisa lebih baik untuk mendapatkan kebahagiaan yg kita inginkan.
Apa yang kamu rasakan ini hadir dari pikiran kamu.tenangkan diri kamu dan berpikirlah lebih realistis.
Percayalah tidak ada yg tidak mungkin selama kita percaya dan berusaha.
Jika kamu sendiri menyerah dan sll menyalahkan Tuhan bagaimana kamu bisa bahagia itu sama artinya jika kamu susah kamu tidak terima dan menyalahkan yg lain dan jika kamu senang apa kamu percaya itu hasil usaha kamu ?



__________________
no name/ liana

Date:
Permalink  
 

Saya pernah membaca tuliasan yang berbunyi :

"Semakin tinggi anda mendaki bukit semakin mudah anda terlihat, punggung anda terlihat tapi bagian depan tersembunyi "
"Dunia mudah menemukan kesalahan,tetapi mengabaikan kebajikan andalah yang lebih mudah terlihat"

Jika samapi hari ini ibaratnya anda baru mendaki setengahnya saja tapi anda sudah menyerah, bagaimana dengan hari esok.kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi.Jika muncul hal yang lebih buruk bagaimana?

Masa depan kamu ada ditangan kamu sendiri, jangan selalu menyalahkan orang lain ataupun Tuhan.Tidak ada gunanya itu malah akan membuat kondisi pikiran kurang baik dan akan membuat semangat kamu semakin menurun.

Tiap orang memang punya pikiran yang berbeda2,jika kamu sudah menanamkan sesuatu padanya ia akan menjadi prinsip dan prinsip itulah yang susah untuk diubah. tapi jika kita merasa itu memang kurang baik, akuilah dengan lapang dan berusahalah untuk berubah.Hidup butuh perjuangan dan percayalah jika ada kegagalan pasti ada keberhasilan.jika hari ini kita gagal mungkin hari esok kita akan mendapatkan apa yg lebih makanya jangan sll menyalahkan keadaan yang kurang baik/kurang mengenakkan,jadikanlah itu pengalaman dan sll berusaha untuk lebih.....

Tidak ada yang tidak mungkin


__________________


Newbie

Status: Offline
Posts: 1
Date:
Permalink  
 

just do your best, and nerver ask for the payment.. it doesn't matter if you fail as long as you have given your best. ok. life is a cycle, when you fail just fix it and try again..

__________________
Page 1 of 1  sorted by
 
Quick Reply

Please log in to post quick replies.

Tweet this page Post to Digg Post to Del.icio.us


Create your own FREE Forum
Report Abuse
Powered by ActiveBoard